Cara Memount Partisi dan Drive Ketika Startup di Ubuntu/Linux Mint



Dulu disaat laptop saya masih dualboot antara Windows 7 dengan Ubuntu 10.10, saya pernah bertanya seperti ini, "apakah partisi Drive D yang ada di Windows dapat di mount secara otomatis menjadi partisi /home ketika di Ubuntu ya?" Hal ini masih menjadi teka-teki hingga akhirnya pada hari ini saya kembali menemukan kasus yang sama.
Ceritanya begini, Saya disuruh menginstallkan OS Ubuntu ke mesin teman saya. Nah ternyata partisi di laptop dia itu sudah hampir habis terpakai untuk menyimpan data di drive D semua. Yang tersisa untuk Ubuntu hanyalah 20GB Free Spacenya. Saya pun berfikir, 20 GB tidak akan cukup untuk dibagi menjadi partisi / dan /home bukan? Nah dari sinilah, pertanyaan saya dimasa lalu itupun mau tidak mau harus saya temukan jawabannya. Yaitu cara memount drive D tadi menjadi partisi /home ketika di Ubuntu.

Setelah mencari-cari di Google, ternyata hal itu dapat dilakukan. Dan caranya mudah sekali. :D Tertarik? Simak step-step berikut ini :

1. Pertama pastikan terlebih dahulu partisi drive D punya si Windows itu berada dimana? Gunakan perintah ini untuk mengeceknya :

sudo fdisk -l



2. Pada gambar diatas terlihat ada 3 buah partisi Windows yang terdapat di /dev/sda1, /dev/sda2, dan /dev/sda3. Penjelasan mengenai apa itu /dev/sda1, /dev/sda2, dan /dev/sda3 tidak akan saya bahas disini karena akan terlalu panjang nantinya. Lebih baik kalian cari tahu terlebih dahulu di Google mengenai penamaan partisi di sistem operasi Ubuntu.
Lanjut, pada kasus saya kali ini partisi /dev/sda1 adalah partisi C (jika di Windows), /dev/sda2 adalah partisi D, dan /dev/sda3 adalah partisi E. Oke, berarti kita telah mendapatkan partisi D berada dimana. Mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

3. Setelah itu, edit file /etc/fstab untuk mendaftarkan partisi /dev/sda2 agar selalu di mounting ketika Ubuntu booting. Caranya dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo gedit /etc/fstab

Ketika file konfigurasi fstab terbuka, isikan pada baris paling bawah dengan skrip dibawah ini :

/dev/sda2 /home ntfs defaults 0 0

Penjelasan dari baris diatas adalah sebagai berikut :

Nama drive -- /dev/sda2
Lokasi dimana akan dimounting -- /home
Format disk -- ntfs [atau fat32 atau ext4 tergantung dari format harddisk kalian masing-masing]
Pilihan -- defaults [ikutin aja]
Dump -- 0 [ikutin aja]
Pass -- 0 [ikutin aja]


Selanjutnya save dan tutup file tersebut. Dan kemudian coba restart Ubuntu kalian. Taraa! Drive D pun sudah termounting ke partisi /home secara otomatis :D

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Cara Memount Partisi dan Drive Ketika Startup di Ubuntu/Linux Mint"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label