Instal dan konfigurasi DHCP server di Debian 6 squeeze



Lagi iseng-iseng ngebacain Label-label yang ada di blog saya, ga sengaja masuk ke label Debian. Rasanya kayak ada yang aneh.. Saya sudah banyak posting tentang administrasi server di Debian squeeze, dari install webserver, install DNS server, install NTP server, hingga yang paling susah yaitu instalasi snort. Tapi ternyata saya belum posting artikel tentang DHCP server! -_-. Padahal kalo menurut saya seharusnya install DHCP server ini lah yang paling mudah dan cepat. Yah, emang kayaknya emang dasar sayanya yang pikun ato gimana ini :D

Yaudah lah langsung aja, sekilas tentang DHCP server, DHCP server adalah server yang memberikan alamat IP kepada pengguna secara otomatis. Berbeda dengan pemberian ip static dimana kita harus menyeting satu persatu ip di tiap komputer client, kalo ada DHCP server, si pengguna/client ini tinggal langsung meminta ip saja ke si DHCP server. Kira-kira seperti itulah :)

Cara instalasi DHCP server di Debian 6 squeeze

1. Masukkin DVD Debian Squeeze 1, lalu ketikkan ini :

# apt-get install dhcp3-server

2. Setelah proses install selesai, edit file /etc/dhcp/dhcpd.conf :

# nano /etc/dhcp/dhcpd.conf

Tekan ctrl + w lalu cari kata kunci A slightly. Seperti ini nih :



Setelah ketemu, hapus tanda pagar di depan baris subnet sampai baris lambang {. Lihat yang saya tandai warna kuning gambar ini :



Abis di hapus, saatnya untuk settingannya. Merujuk dari postingan saya yang dulu yang tentang instal DNS server, IP dan topologinya adalah seperti berikut, :

client----DHCP server/DNS server

ip DHCP server/DNS server : 192.168.7.2
domain : empol.com
network : 192.168.7.0 broadcast : 192.168.7.255
range IP yang digunakan untuk client : 192.168.7.100 - 192.168.7.200


Maka settingan di dhcpd.confnya seperti ini :



Saya agak susah buat ngejelasinnya, jadi sori nih buat keterbatasannya :)

Setelah itu save dan tutup filenya lalu restart DHCP nya.

# /etc/init.d/isc-dhcp-server restart

Disitu nanti kalo terlihat tulisan failed seperti ini, gapapa kok. Ulangi aja sekali lagi, pasti nanti ga akan muncul tulisan failed lagi.



Sekarang mari kita coba test dari client. Clientnya pake Ubuntu ya, soalnya saya ga punya skrinsut Wind*s :p. Nanti kalian googling aja gimana caranya ngedapetin ip otomatis di Wind*s, ada kok pasti.

Setting di client :

klik Network-Manager (yang lambang sinyal di panel itu lho) > Edit Connections > edit Auto Eth0 > pada tab IPv4 Settings ganti method menjadi Automatic DHCP.



Lalu untuk mengecheck dia udah dapet IPnya ato belum, ketikkan ifconfig di terminal. Kalo muncul seperti ini maka DHCP nya sudah berjalan :)



Semoga bermanfaat :D


Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Instal dan konfigurasi DHCP server di Debian 6 squeeze"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label