Routing NAT di Debian squeeze



Rasanya udah lama ga posting tentang Debian, dan tadi pas buka lagi mau mraktekin eh sayanya udah agak-agak lupa -__- Untungnya masih ada tutorial-tutorial yang saya simpen dulu waktu mau ikut LKS, akhirnya bisa lagi deh :D Nah, sekarang mumpung masih inget saya mau membagikannya kepada kalian cara routing NAT di Debian squeeze.

Kali ini kita enggak memerlukan install apa-apa lagi karena iptables sudah terinstall secara default di Debian squeeze ini. Langsung aja ya..

1. Pastikan dulu kalau tidak ada routing yang telah dilakukan di komputer kalian. Cek dengan perintah ini :

# iptables -t nat -L

Pada contoh gambar dibawah ini, komputer saya sudah pernah di routing sebelumnya. Cara menghapusnya adalah dengan perintah berikut :

# iptables -t nat -D POSTROUTING 1

Ayo klik aku :D:




2. Edit file sysctl.conf untuk memperbolehkan mem-forward paket data.

# nano /etc/sysctl.conf

Tekan ctrl + w lalu ketikkan kata kunci ip_forward. Nanti akan ketemu baris yang bertuliskan #net.ipv4.ip_forward=1. Hilangkan tanda pagar di depannya sehingga tampak seperti gambar di bawah ini :

Ayo klik aku :D:




Save dan tutup filenya.

3. Sekarang lakukan perintah-perintah dibawah ini secara berurutan :

# iptables -t nat -A POSTROUTING -j MASQUERADE
# iptables-save > /etc/network/iptables.conf
# echo "iptables-restore < /etc/network/iptables.conf" >> /etc/network/if-up.d/iptables
# chmod +x /etc/network/if-up.d/iptables


Ayo klik aku :D:




4. Selanjutnya mengedit file /etc/network/if-up.d/iptables untuk memberikan bash scriptnya agar skrip ini bisa berjalan.

# nano /etc/network/if-up.d/iptables

Diatas baris iptables-restore tambahkan kode #!/bin/bash seperti gambar dibawah ini :

Ayo klik aku :D:



5. Restart komputer kalian.

Nah, sekarang waktunya untuk pengetesan. Anggap topologi jaringannya adalah seperti berikut :

laptop------router------server


Ini gambar test ping dari laptop ke server

Ayo klik aku :D:




Dan ini gambar test ping dari server ke laptop

Ayo klik aku :D:



Yap, selesai sudah :D

Semoga bermanfaat :)


Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Routing NAT di Debian squeeze"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label