Trik cara mematikan komputer secara otomatis di ubuntu



Hampir setiap malam saya pasti berada di depan laptop saya. Entah itu online, ngeblog ato cuma sekedar ngedengerin musik. Tapi pernah suatu ketika, saya ketiduran dalam keadaan laptop menyala. Dan pada pagi harinya laptop saya udah tewas dalam keadaan sakaratul maut. Dan besok-besoknya kejadian ini terulang hingga beberapa kali. Aduh, kalo gini bisa bahaya nih baterai laptop saya. Akhirnya saya pun mencari cara untuk mentimer laptop saya agar bisa mati sendiri, jadi saya tidak kawatir lagi kalo misalnya ketiduran nantinya. :D

Ternyata ada banyak cara untuk mematikan komputer secara otomatis di ubuntu baik yang menggunakan program tambahan semacam Cron atau ComplexShutdown. Bisa kalian cari-cari di google, ada banyak macamnya kok. Nah tapi, kali ini saya ingin memberikan cara yang termudah dan tersimpel karena tidak menggunakan software tambahan sama sekali. Cukup dengan bantuan terminal saja :D

Trik cara mematikan komputer secara otomatis di ubuntu

Ada 2 cara yang sering saya pakai, yaitu :

1. $ sudo shutdown -P 60

Ini mematikan komputer dengan patokan menit. Angka 60 yang saya warnai merah itu artinya 60 menit. Jadi artinya komputer akan mati secara otomatis 60 menit lagi.

2. $ sudo shutdown -P 17:00

Kalo yang ini mematikan komputer berdasarkan jam berapa dia akan mati. Misalnya sekarang pukul 15:21 maka kalo yang saya tulis disitu 17:00, nanti tepat pukul 17:00, komputernya akan mati.

Hasilnya kira-kira akan seperti ini :

1. rizal@empol ~ $ sudo shutdown -P 60
[sudo] password for rizal:

Broadcast message from rizal@empol
(/dev/pts/4) at 15:21 ...

The system is going down for power off in 60 minutes!


2. rizal@empol ~ $ sudo shutdown -P 17:00

Broadcast message from rizal@empol
(/dev/pts/4) at 15:21 ...

The system is going down for power off in 99 minutes!


Gimana, mudah kan Ubuntu? :D

Semoga bermanfaat :)


Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Trik cara mematikan komputer secara otomatis di ubuntu"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label