Hal yang Perlu dilakukan Setelah Install Fedora 17 KDE




Fiuuhh akhirnya setelah sekian lama saya berniat menginstallkan Fedora di mesin saya, akhirnya terwujud juga semalam. Ubuntu 12.04 yang sebelumnya saya pakai sebagai sistem operasi utama, sudah saya hapus untuk memfokuskan pembelajaran saya di Fedora. Semoga Allah menguatkan saya. :D
Sebenarnya tujuan utama saya ingin sekali menginstall Fedora karena untuk menghilangkan ketergantungan saya terhadap distro-distro linux turunan Debian (Ubuntu, Linux Mint, etc). Karena apa? Karena saya juga ingin memperdalam ilmu saya di bidang Linux dan jaringan khususnya untuk distro-distro turunan Red Hat. Jadi nanti ketika suatu saat saya bekerja dan diminta untuk menghandle suatu server, baik itu tu
runan Debian atau Red Hat saya siap. Amiin.

Nah, seperti yang telah biasa kalian ketahui, setelah menginstall sebuah OS, tentunya kita harus tahu apa-apa saja yang harus kita lakukan setelah menginstallnya. Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya ingin membagikan Hal-hal yang perlu dilakukan setelah install Fedora 17.

1. Install Fastest Mirror

Fastest Mirror berguna untuk memilihkan repo tercepat bagi kita ketika ingin mendownload sesuatu secara otomatis. Ini fitur yang enggak ada di Ubuntu lho.

$ sudo yum install yum-fastestmirror

2. Install RPM Fusion

RPM Fusion adalah repositori gabungan dari beberapa repositori terkenal yang berisi paket-paket aplikasi Fedora mulai dari yang free maupun yang non-free. Untuk itulah kalian perlu menginstall repositori RPM Fusion agar paket-paket aplikasi yang tersedia akan jauh lebih banyak & lengkap.

$ su -c 'yum localinstall - nogpgcheck http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-stable.noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion- nonfree-release-stable.noarch.rpm'

3. Update Sistem Kalian


Setelah menginstall Fastest Mirror & RPM Fusion, saatnya kalian untuk mengupdate Fedora kalian.

$ sudo yum update

4. Install Fedora Utils

Fedora Utils berguna untuk penginstalan dan kustomisasi codec, extension, flash, repo, plugin, cuztomize terminal & nautilus, clean log, dll. Kayaknya mirip Ubuntu Software Center jika di Ubuntu. Saya sendiri masih agak kurang paham soalnya. hehe

$ su -c "curl http://master.dl.sourceforge.net/project/fedorautils/fedorautils.repo -o /etc/yum.repos.d/fedorautils.repo && yum install fedorautils"

5. Install Driver Hardware

Jika setelah keempat proses yang telah kalian lakukan diatas ternyata masih ada salah satu driver hardware kalian yang masih belum terinstall, maka sampai sini kalian harus menginstallnya terlebih dahulu. Misalnya jika dilaptop saya, Wifinya yang belum terinstall. Kalian dapat melihatnya disini.

6. Install Yumex

Yumex adalah aplikasi software management GUI di Fedora yang fungsinya hampir sama seperti Ubuntu Software Center jika di Ubuntu. Jadi untuk memudahkan kalian yang lebih menyukai menginstall aplikasi dengan tampilan GUI.

$ sudo yum install yumex yum-fastestmirror

7. Install UnRar & UnZip


Secara default Fedora 17 KDE belum memiliki fasilitas Unrar dan Unzip. Oleh karena itu kalian harus menginstallnya secara manual dengan perintah berikut :

$ sudo yum localinstall --nogpgcheck http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-stable.noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-stable.noarch.rpm && sudo yum install unrar && sudo yum install p7zip p7zip-plugins

8. Install Aplikasi-Aplikasi yang dibutuhkan

Setelah semua kebutuhan diatas telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan aplikasi-aplikasi untuk pekerjaan kalian masing-masing. Ini sifatnya optional, namun jika saya jabarkan disini, aplikasi-aplikasi penting yang saya butuhkan adalah :

  • Libre Office = Aplikasi Pengganti Microsoft Office
  • Thunderbird = Aplikasi email client seperti Microsoft Outlook
  • Firefox & Google Chrome = Browser favorit saya
  • VLC = Aplikasi pemutar video favorit saya
  • GIMP = Aplikasi pengolah bitmap pengganti Photoshop
  • Inkscape = Aplikasi pengolah vector pengganti Corel Draw
  • Blender = Aplikasi pengolah animasi 2D/3D
  • Shutter = Aplikasi screenshot desktop
  • Kamoso = Webcam untuk KDE
  • Wine = Emulator aplikasi-aplikasi Windows
  • Virtualbox = Virtual Machine semacam VMWare
  • Filezilla = Aplikasi FTP
  • Synapse = Aplikasi pemanggil aplikasi yang sangat praktis
  • Yakuake = Aplikasi terminal instant
  • Beberapa Game seperti Super Tux Kart dan Frets on Fire
Untuk penjelasan cara penginstalan aplikasi-aplikasi diatas akan menyusul pada artikel-artikel berikutnya.  

9. Enjoy!
 
Nikmatilah Fedora 17 KDE dengan senang hati dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Yang pasti maju terus Open Source :D

Semoga bermanfaat :)

Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Hal yang Perlu dilakukan Setelah Install Fedora 17 KDE"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label