Dimanakah script /etc/rc.local di Fedora 17 ?



Ketika saya dulu masih menggunakan Ubuntu di laptop saya, saya sering memasukkan script-script pada file rc.local agar script tersebut dapat berjalan otomatis ketika Ubuntu pertama kali dimulai/booting. Namun ketika saya baru bertemu Fedora 17 yang sekarang ini, ternyata file /etc/rc.local tersebut tidak ada. Nah loh, ada dimana ya?

Akhirnya setelah googling-googling saya pun menemukan caranya. Awalnya saya sempat mengira file rc.local ini namanya beda kalo di Fedora, eh ternyata tidak. Nama file dan kegunaannya sama, tetap rc.local. Namun semenjak Fedora versi 16, file rc.local ini udah ditiadakan gatau kenapa. Nah, untuk memunculkan file rc.local ini kembali, caranya cukup mudah, yaitu seperti yang saya jabarkan dibawah ini :

1. Masuk mode root :

$ su

2. Buat file rc.localnya :

# touch /etc/rc.d/rc.local

3. Edit file rc.local :

# nano /etc/rc.d/rc.local

Setelah terbuka, tambahkan skrip berikut ini didalamnya :

#!/bin/sh

Nantinya jika kalian ingin menambahkan script-script apapun tinggal tambahkan dibawah baris #!/bin/sh tadi. Jika sudah simpan dan tutup filenya.

4. Berikan hak akses executable :

# chmod 755 /etc/rc.d/rc.local

Semoga bermanfaat :)

SUMBER

Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Dimanakah script /etc/rc.local di Fedora 17 ?"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label