Membuat Background Conky Transparan di Fedora KDE



Ketika saya dulu masih memakai Ubuntu dengan Unity sebagai Desktop Environtmentnya, saya hampir tidak pernah mengalami masalah dalam hal mengkonfigurasi conky. Begitu mudahnya sampai hampir seminggu sekali saya gonta-ganti tampilan conky di mesin saya. Namun setelah saya memakai Fedora 17 yang menggunakan KDE sebagai Desktop Environtmentnya, baru hari ini saya mencoba untuk menginstall conky. Overall, secara instalasi maupun konfigurasi conky di Ubuntu dengan di Fedora hampir seluruhnya mirip. Namun ketika saya coba jalankan script conkynya, ada keanehan yang terjadi. Tampilan conky yang muncul memiliki sebuah background hitam di belakangnya. Jadi tidak transparant gitu. Maaf saya tidak bisa memberikan skrinsutnya nih -_-

Nah, setelah saya searching di internet, ternyata hal tersebut terjadi karena 2 hal, yaitu :

1. Conky menggunakan pseudo-transparency bukannya actual-transparency yang dimiliki KDE.
2. KDE tidak menggambar wallpaper ke root window, melainkan hanya ke plasma desktopnya saja. Jadi ketika si conky meminta wallpaper ke root window, yang muncul hanya background hitam saja karena memang di root window tidak ada wallpapernya.

Oleh karena sebab diatas, kita memerlukan sebuah aplikasi yang dapat menggambarkan wallpaper ke root window. Disini kita akan memakai aplikasi yang bernama feh. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Install feh nya terlebih dahulu :

$ sudo yum install feh

2. Buatlah sebuah file startup atau edit file startup conky yang telah kalian buat sebelumnya dengan isi seperti ini :

#!/bin/sh
feh --bg-scale /tempatwallpaperberada/wallpaper.png
sleep 10
conky &
exit 0


Berikut adalah contoh milik saya :

#!/bin/sh
feh --bg-scale /home/rizal/Pictures/Firefox_wallpaper.png
sleep 20
conky &
exit 0


3. Berikan hak akses executable pada file tersebut dengan perintah berikut :

$ chmod +x namafilestartup

4. Setelah itu letakkan file startup tersebut pada System Settings > Startup and Shutdown > Autostart agar ketika booting conky akan langsung tampil.

5. Terakhir restart komputer kalian dan sekarang lihat conky kalian pasti sudah transparan seperti layaknya conky yang biasanya. :D


Semoga bermanfaat :)

Monetize your website traffic with US
Monetize your website traffic with Me


0 Response to "Membuat Background Conky Transparan di Fedora KDE"

Post a Comment

Ads

Archive

Populer

Label